Ritual Pindapata Awali Perayaan Waisak di Wihara Dharmmacakka

Ritual Pindapata Awali Perayaan Waisak di Wihara Dharmmacakka

Duniabola99  Ritual Pindapata atau persembahan makanan dari umat Buddha kepada para biksu menandai dimulainyai perayaan W****aisak 2562 BE/ 2018 Masehi di Wihara Jakarta Dhammacakka Jaya pada Selasa (29/5).

*Duniabola99.com *berkesempatan mengikuti prosesi ritual ini. Pindapata dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebanyak 29 orang biksu dan tujuh orang sramanera atau calon biksu mengikuti prosesi ritual yang merupakan rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2562 BE/2018 di Wihara Dhammacakka.

Ritual dimulai dengan berjalannya masing-masing biksu dengan membawa periuk yang akan dipakai sebagai wadah menerima persembahan dari para umat Buddha.Lebih dari seratus orang umat Buddha telah bersiap di sepanjang jalan di dalam wihara. Tua, muda, anak kecil, manula, semua siap memberi persembahan kepada biksu.

Para biksu lalu berjalan perlahan menyapa umat Buddha di sepanjang jalan sejauh sekira 50 meter. Umat Buddha pun menuangkan nasi yang mereka bawa ke periuk para biksu.

Setelah sampai di sebuah balai, umat Buddha mencuci kaki para biksu. Lalu hidangan, mulai dari sayuran, lauk pauk, buah, susu, dan kudapan disajikan kepada para biksu.

Kemudian setelah memanjatkan doa bersama, para biksu dan umat Buddha pun menyantap persembahan itu bersama-sama.

Biksu Dhirajayo menjelaskan ritual ini menyampaikan Pindapata merupakan cerminan dari cara hidup seorang biksu yang hanya boleh makan dari pemberian umat.

Sebenarnya, kata Dhirajayo, Pindapata bukan bagian dari perayaan Waisak. Namun Pindapata kali ini dilakukan bersamaan dengan Waisak untuk membumikan tradisi dari sang Buddha kepada masyarakat.

“Maka diadakan Pindapata untuk memperkenalkan tradisi para biksu. Sang Buddha pun dulu melakukan Pindapata setiap hari,” tuturnya usai Pindapata di Wihara Jakarta Dhammacakka Jaya.

Rangkaian Waisak di Wihara Dhammacakka nantinya akan diikuti oleh Visakga Punnami Puja 2562 BE, Selasa (29/5) malam. Lalu ada Pindapata lagi pada Minggu (3/6) dan diakhiri dengan Visakha Atthami Puja 2562 BE pada Sabtu (9/6).

**Baca Juga: **

Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.